Translate

Rupiah Selalu Tertekan

Sunday, November 18, 2012 | Permalink

Info Rupiah Indonesia - Rupiah menjadi mata uang yang paling tertekan. Di saat mata uang lain bergerak positif, rupiah malah melemah. Hal ini sesuai dengan tingginya defisit transaksi berjalan pada kuartal III, 2,4 persen dari PDB. Meskipun demikian, kondisi defisit transaksi berjalan diproyeksi akan cenderung membaik pada kuartal IV, yakni di kisaran 2,2 persen PDB. Hal ini memberi efek positif terhadap penguatan ekspor dan membantu semakin lebarnya defisit perdagangan.

Hari ini, mata uang rupiah bergerak melemah terhadap dolar AS. Pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS dipicu efek libur dan berkurangnya aktivitas transaksi di dalam negeri. Rupiah berada dalam kisaran Rp9.578-Rp9.625 per USD.

Selain itu, apresiasi rupiah terhadap dolar AS tertahan dengan hasil lelang obligasi Yunani yang hanya mendapatkan dana 4,6 miliar euro dari target lima miliar euro dan dari sisi yield turun ke 4,2 persen dari sebelumnya 4,24 persen.

Disisi lain, sentimen Eropa sedikit lebih baik dengan kabar bahwa Yunani mungkin akan mendapatkan pencairan dana bailout sebanyak 44 miliar euro atau lebih besar dari rencana pencairan dana talangan berikutnya senilai 33 miliar euro. Meski demikian, rencana bailout Yunani sedang didiskusikan tapi belum ada keputusan final.

Perselisihan antara kreditur Internasional Yunani dan lemahnya data ekonomi zona Euro juga tidak banyak membantu sentimen pasar terhadap mata uang berisiko. Investor kembali memburu aset-aset safe haven di tengah kekhawatiran bahwa pertemuan antara Presiden Obama dengan parlemen AS tidak akan menghasilkan kesepakatan untuk menghindari jurang fiskal.

Pergerakan emas yang seharusnya terdorong naik oleh peran safe haven karena ketidakpastian masih terhalang oleh penguatan dollar Amerika Serikat (AS). Emas melemah pada Jumat lalu dan menyebabkan akumulasi tekanan mingguan akibat indikasi penurunan perekonomian global. Kekhawatiran resesi lanjutan di AS menekan minat terhadap emas sebagai aset untuk menghindarkan diri terhadap inflasi. Jumat, emas ditutup pada level 1.712,5 atau turun 2,5 poin.

0 comments:

Post a Comment

Indeks Dollar

ratrimoneychanger
Masukan Email Anda disini: